Reaktif dan Kreatif

Perbedaan kedua kata itu menurut pemahaman orang tentu berbeda beda.

Kedua kata sama sama memiliki “huruf yang sama. Creative and Reactive juga dalam bahasa Inggris memiliki kata yang sama dalam acakan.

Kreatif adalah sikap insan yang memiliki kemampuan daya cipta berupa karya tangan dan karya pikiran yang berupa tulisan.

Reaktif itu merupakan sikap insan yang memberi respon tanggapan, dan komentar apa yang dismpaikan oleh seseorang.

Sifat reaktif seseorang bisa saja muncul karena ada hal yang kurang berkenan, kurang puas, dan ingin mengoreksi apa yang disampaikan orang lain. Dan sifat reaktif juga bisa memberi motivasi kepada orang yang menyampaikan message pada halayak publik dan masyarakat. Sifat reaktif seseorang bisa juga terjadi karena ada aksi ,berupa usaha dan kerja yang dilakukan orang, sehingga orang yang merespon memberi reaksi berupa koreksi dan perbaikan dari aksi sesorang tadi.

Tapi kadang reaksi kadang bisa muncul secara tiba-tiba muncul dengan cara yang kurang memuaskan dengan terus menerus meng-kritik dan respon yang bertubi tubi sehingga terjadi pertentangan dengan argumen-argumen yang kurang berkenan dihati dari orang yang membuat aksi . Misalnya contoh dalam status postingan media sosial. Seseorang menyampaikan informasi dalam status itu, ayam ku sedang bertelur.

Tentu bila dilihat info dan pesan gambar, tiada jelas ayam seseorang itu bukan yang sedang bertelur. Tentu ada respon sebagai reaksi dengan komentar bermacam macam. Ayam itu sedang jalan ,dan ayam sedang bertata rias. Sementata status media kurang tepat sehingga terjadilahnaneka ragam komentar sebagai pengoreksi untuk memperbaiki status itu dalam Medsos.

Tinggalkan komentar