Pengenalan Cagar Alam kepada Siswa dan Anggota Pramuka

EXPEDISI KAWAH GUNUNG SIBUAL BUALI SIPIROK BERSAMA ANGGOTA PRAMUKA SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU PADANG LAWAS UTARA

Expedisi ini hanya untuk memperkenalkan cagar alam yang ditumbuhi hutan belantara dan disertai adanya kawah gunung berapi, yaitu Kawah gunug Sibual Buali yang berada disekitar 1500 mpdl. Expedisi bermaksud untuk memotivasi belajar dari anak didik yang sedang menekuni pendidikan di Sekolah Menegah Atas.

Sebagai seorang Pembina Pramuka juga seorang guru di SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU, mengajak dan menghimbau untuk membangun diri dengan ilmu pengetahuan dan ketrampilan harus ada berupa penelitian dan pengamatan tentang alam, karena di bangku sekolah belum mampu memberi segala materi pelajaran untuk dikembangkan dimasa depan tanpa menggali pengalaman belahar di alam atau lapangan.

Dan dengan berbekal kemauan dan keberanian maka 10 orang anak didik putra didampingi 1orang pembina pramuka dan 2 orang alumni sekolah berangkat ke kawah gunung api Sibual Buali. Dalam penelusuran alam yang ditumbuhi dengan pohon lindung dan belukar , dan tumbuhan tropis banyak ditemukan seperti jamur atau fungi, pakis atau tumbuhan paku, dan jenis anggrek. Menakjubkan kan memang buat anak didik yang ingin mengenali cagar alam. Karena selama belajar di banhku sekolah mereka hanya melihat gambar dan mendengar cagar alam dan hutan belantara.

Kemudian disisi lain yang penuh dengan tantangan yaitu menelusuri menuju kawah gunung api Sibual Buali, yang perly ekstra hati-hati karena sangat berbahaya bila terpeleset dan jatuh ke lumpur panas dan air panas yang berasal dari panasnya magma gunung api.

Saat sampai di lokasi kawah, oleh Pembina mengarahkan dan menuntun jalan dengan hati-hati dengan menggunakan tongkat untuk menandai dimana yang harus di pijak.

Maka dilokasi Kawah Gunung Api Sibuali Buali, anak didik melihat mengamati, merenungkan dan memikirkan apa apa objek yang menarik di sekitar kawah tersebut. Hal yang menarik adalah adanya:

– Kawah yang berbentuk cekungan (kaldera) dengan kolam besar yang di isi dengan air panas yang suhunya diperkirakan bisa mencapai 1000°C

– Gas yang bertiup dan panas dari dalam bumi yang berasal dari magma dengan aroma gas karbon monoksida.

– Adanya lumpur panas mengalir.

– Material lava berupa sulfur atau belerang dengan warna kuning.

Dan banyak lagi hal yang menarik bagi anak didik SMA

Dan sebagai anggota pramuka juga mereka juga diberi arahan sesuai dengan “SATYA DARMA PRAMUKA” dengan melestarikan alam dengan isi darma pramuka “Cinta Alam dan Kasih Sayang Sesama Manusia.

Demikian sekilas perjalanan ekspedisi ANGGOTA PRAMUKA SMA NEGERI 1 PADANG BOLAK JULU, PADANG LAWAS UTARA pada Tanggal 15 Agustus 2020

Tinggalkan komentar